TANAH DAN KEPEMIMPINAN

Tanah dan Kepemimpinan

Tanah adalah gambaran kepemimpinan, yang dapat bermakna bagi semua mahluk di dunia ini. Bermakna bagi semua penghuni di atas tanah, terutama insan yang menghargai betapa pentingnya dan bermanfaatnya tanah untuk manusia, orang per orang. Lalu bagaimana gambaran tanah dan kepemimpinan ?

Jadilah tanah yang datar seperti tanah pekarangan, tanah perkebunan, tanah pertanian, dapat lebih mudah untuk menghidupi banyak orang yang tinggal di atasnya, dialiri banyak sungai dan dia menjadi kaya, subur dan makmur; meski dia rendah, namun jasanya luar biasa. Dia rendah, namun penuh percaya diri dan tidak rendah diri, tapi rendah hati. Menyejukkan dan tenang untuk berjalan ataupun mengayuh dengan sepeda di atasnya, yang ditumbuhi banyak pepohonan rimbun. Memberdayakan rakyatpun jauh lebih mudah di atasnya dalam suasana damai dan menyejukkan. Biarkan rakyat sejahtera disana dengan semangat reforma agraria. Sejahterakan bangsa di tanah merdeka, bermartabat dan berdaulat.

Namun, janganlah jadi tanah yang gersang dan kritis dengan kemiringan yang tajam dan tinggi tempatnya (perlu pengendalian dan pengelolaan tanah kritis disana), melejit seorang diri, susah untuk didaki, hanya orang tertentu dengan egoisnya untuk dapat menaklukkannya. Pikirannya kritis, sering menembus banyak hati orang dengan ke”cerdik”annya, dan pantang menyerah. Namun air sulit mengalir di sana, kehidupan manusia sangat sulit di sana, meski sering banyak orang mencoba ke sana, keangkuhan yang tergambar disana. Banyak rintangan dan kegalauan, ketidak damaian dan ketidak sejukan kerap lahir disana. Tinggalkanlah tanah yang tinggi dan terjal, walaupun indah untuk dilihat, namun hanya untuk di nikmati sesaat. Karena menghidupi rakyat di tanah terjal dan kritis perlu biaya yang sangat tinggi, tinggi….. sekali.

dari Kebayoran 13 Juli 2009

[Makmur Siboro}

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s