LOKAKARYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SERTIPIKASI TANAH LINTAS SEKTOR 2010

Lokakarya ini semula akan diselenggarakan di Bogor, pada tanggal 15 s/d 17 Juni 2010. Oleh karena ada kegiatan yang mendesak untuk dilakukan oleh Bidang Pengendalian Pertanahan dan Pemberdayaan Masyarakat, maka diputuskan kegiatan ini di undurkan menjadi tanggal 5-7 Juli 2010.

Lokakarya ini sangat penting, karena seluruh kegiatan akan dievaluasi perkembangannya hingga pertengahan tahun ini. Juga akan dibahas berbagai kendala dan permasalahan yang ada dalam pelaksanaan kegiatan Sertipikasi Hak Atas Tanah (SEHAT) Lintas Sektor. Kegiatan ini sudah dilakukan oleh BPN RI bekerjasama dengan Kementerian UMKM, Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tahun 2011 akan juga diusahakan kerjasama dengan Kementerian Perumahan Rakyat. Keempat instansi ini akan turut juga menjadi peserta dalam lokakarya ini.

Pada dasarnya, kegiatan SEHAT ini, dilakukan untuk lebih mendorong masyarakat untuk dapat lebih menghargai asetnya dengan legalisasi hak, agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Oleh karena itu SEHAT UMKM, Nelayan, Petani dan MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), benar-benar sehat kehidupan dan perekonomiannya.  Disamping itu, dengan adanya kekuatan atas tanah yang dimiliki oleh masyarakat, akan menambah kepercayaan diri kepemilikan tanah seseorang. Yang lebih penting lagi, tanah yang menjadi aset ini sangat bernilai dalam pengembangan dan modal usaha bagi kepentingan usaha untuk dijadikan collateral bagi lembaga keuangan atau perbankan. Sehingga tanah yang dimiliki masyarakat sebagai penjaminan lebih bankable untuk peminjaman atau kredit bank. Ini adalah salah satu tujuan yang sangat penting dalam kegiatan ini.

Samapai jumpa di Lokakarya 5-7 Juli 2010 di Bogor nanti.

Note :

Ada berita duka, Kabid 4 Prov Sulteng, ( Alm. Bp. Girke) meninggal dunia dalam perjalanan dinas ke Jakarta pada tanggal 14 Juni 2010; dan juga isteri dari Kabid 4 Prov. Babel  ( Bp. Ign. Tukino) yang meninggal pada tanggal 16 Juli 2010 di Jakarta. Seluruh keluarga besar Bidang 4 se Indonesia dan keluarga BPN RI se Indonesia menyampaikan rasa duka yang sedalam-dalamnya, semoga arwah beliau-beliau di terima di di sisi Allah. Amin. 

makmur@bpn.go.id

Kebayoran Baru 22 Juni 2010.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s