Asset (property) Based Community Development [ApBCD]

Asset (property)  Based Community Development [ApBCD] di bidang pertanahan adalah suatu model atau gagasan pemberdayaan masyarakat atau pengembangan komunitas yang diarahkan secara khusus untuk pengelolaan tanahnya baik secara individu, keluarga atau berkelompok. Gagasan ini sudah ada dikembangkan di beberapa tempat, seperti di Provinsi Jawa Timur. ABCD ini mendapat apresiasi yang baik dari masayarakat , karena lebih menyentuh keinginan langsung dari masayarakat yang berkaitan dengan aset mereka terutama dari tanah yang mereka kuasai. ApBCD ini patut dikembangkan secara nasional, yang bisa direplikasikan di berbagai wilayah. Partisipasi masyarakat dan lembaga lainnya dapat disinergikan pada kegiatan ini, terutama dari perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia, seperti Pertamina, Newmont, dan perusahaan besar yang bergerak di bidang SDA. Melalui CSR diharapkan partisipasi dunia usaha bisa lebih nyata membangun perekonomian rakyat melalui program yang berkelanjutan melalui sertipikasi hak atas tanah untuk peningkatan modal usaha dan fasilitasi akses usaha dan perekonomian lainnya.

ApBCD untuk pertanahan ini mempunyai dua syarat mutlak yaitu (a) sisi masyarakat (pre requisite from society side) yaitu : masyarakat yang menetap tidak berpindah-pindah, mempunyai atau memiliki tanah dan menguasainya serta merupakan bagian dari suatu kelompok masyarakat yang mendiami dan mengusahai wilayah tertentu dan adanya kemauan atau partisipasi yang kuat dari masyarakat terhadap pengembangan diri, keluarga dan masyarakat. (b) Sayarat dari sisi pemerintah ( pre requisite from government side) yaitu : mempunyai program yang jelas mengenai CD atau pemberdayaan masyarakat, di dukung oleh pembiayaan yang jelas dan berkelanjutan, mempunyai komitmen untuk membangun masyarakat dari tingkatan paling bawah dan mutlak didukung oleh biro/bagian perencanaan dalam hal ini Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri BPN RI.

Dengan syarat-syarat tersebut, ABCD bidang pertanahan dapat diwujudkan secara bersinergi untuk menjawab salah satu tujuan dari Reforma Agraria.

ABCD adalah suatu gagasan yang sangat baik untuk dikembangkan bagi masyarakat dengan beberapa tujuan antara lain :

  1. Masyarakat dapat mengetahui dengan percaya diri atas aset yang dimilikinya secara pasti dan berkekuatan hukum (legal).
  2. Masyarakat dapat memanfaatkan asetnya untuk kepentingan diri, keluarganya dan masyarakat dalam pengembangan usaha dan perekonomiannya.
  3. Masayarakat lebih jelas partisipasinya untuk memberikan kontribusinya melalui pembayaran pajak atau kewajiban lainnya yang berkaitan dengan tanah bagi pembangunan daerah.
  4. Masyarakat dan pemerintah daerah dapat dengan mudah melakukan perencanaan pembangunan yang berkelanjutan dengan mengetahui jenis dan kualitas aset tetrsebut.
  5. Pemerintah daerah dapat dengan mudah memetakan persoalan di daerahnya dengan data yang valid akan aset yang dimiliki oleh masyarakat.
  6. Pemerintah daerah dapat dengan mudah melakukan arah pembangunan yang terencana pada masyarakat bila aset mereka sudah jelas kepemilikannya.
  7. Pemerintah daerah dapat dengan mudah secara dini mengetahui potensi yang berkaitan dengan tanah di wilayahnya.
  8. Pemerintah dan masyarakat dapat saling bahu membahu memajukan daerahnya secara terintegrasi dasi sisi sosial dan politik pembangunan berkelanjutan.

Untuk informasi dan partisipasi masyarakat, instansi pemerintah lainnya dan dunia usaha, dapat menghubungi Bidang Pengendalian Pertanahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kantor Wilayah BPN RI Provinsi dan Seksi Pengendalian dan Pemberdayaan di Kantor Pertanahan seluruh Indonesia, atau Sub Direktorat Bina Partisipasi, Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan, Deputi Bidang Pengendalian Pertanahan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Makmur@bpn.go.id

Kebayoran 22 Juni 2010

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s