DIKLAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ANGK. II DITUTUP

Sejak tangal 24 Mei, peserta sudah Check in di Hotel Prioritas Puncak, untuk mengikuti diklat Pemberayaan Masyarakat Angkatan II. Acara ini secara resmi dibuka oleh Bapak Suwandi, Deputi Bidang Pengendalian Pertanahan dan Pemberdayaan Masyarakat. Acara ini di hadiri oleh para pejabat di lingkungan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat anatara lain Drs. Makmur A. Siboro, MEngSc (Kasubdit Bina Partisipasi, selaku penanggung jawab Substansi Diklat), Waldus Situmorang, SH,MH ( Kasubdit Fasilitasi), beberapa staf, Udangan dari Kantah Bogor dan Cianjur, serta Widyaiswara dan staf Pusdiklat. Acara ini dilanjutkan dengan ceramah dari Bp. Suwandi, yang langsung memberikan semangat dan motivasi sebagai pelaku pemberdayaan. Beberapa tugas sudah menanti seperti Penanganan Sertipikasi UMK, Nelayan Kecil, Petani Kecil, Penanganan Larasita, Kolaborasi pemberdayaan pertanahan dengan PNPM yang sudah sejak 2 tahun lalu kegiatan pertanahan dimasukkan dalam kegiatan penguatan PNPM.

Acara ini diisi dari berbagai pihak pelaku pemberdayaan dari luar instansi dan BPN RI sendiri. Selain itu diisi pula dengan observasi lapangan atau studi lapangan, untuk melihat secara dekat praktek pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Cibinong untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat perkotaan, di Kec. Babakan Madang untuk kegiatan pemberdayaan perdesaan, dan di Subang untuk melihat kegiatan pemberdayaan UMK.

Peserta memperoleh banyak pembelajaran dan ide-ide baru yang digagas secara positif dalam untuk diimplementasikan di kantor-kantor pertanahan. Peserta diharapkan dapat memberikan penyegaran dan penularan ide ke tempat tugas masing-masing. Oleh karena itu diminta kepada peserta agar menyampaikan apa yang diperoleh selama ini kepada pimpinan di daerahnya, terutama kepada para kepala kantor selaku manajer operasional di daerah.

Hal menarik dari Studi lapangan ini adalah, bahwa ternyata unsur pemberdayaan di daerah baik dinas, badan, pelaku pemberdayan di kecamatan, desa, keluarahan, sangat antusias dan menyambut baik berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dari kantor pertanahan. Oleh karena itu intensitas komunikasi, dialog, kerjasama, sosialisasi dan kolaborasi menjadi agenda penting dan segera yang prioritas dilakukan sekarang juga. Tidak ada waktu lagi untuk tidak siap untuk memberdayakan masyarakat, seperti thema yang diangkat yaitu : “Kita satukan langkah bersama untuk kemandirian rakyat”.

Acara ini secara resmi ditutup tanggal 6 Juni 2009. Seluruh peserta akan kembali tanggal 7 Juni 2009 untuk menerapkan segala yang diperolehnya di daerah dengan semangat baru dan ide-ide baru dan segar. Selamat bekerja penuh kreatifitas dan jagan henti-hentinya berbuat untuk apa yang dipikirkan oleh rakyat.

Cisarua, 6 Juni 2009
Makmur A.S

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s