//
Mengenal Program Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Pertanahan di Daerah.

Banyak para pelaku pemberdayaan akhir-akhir ini menyampaikan pertanyaan kepada institusi BPN RI mengenai Pemberdayaan Masyarakat.  Hal ini sangat menarik, karena program pemberdayaan masyarakat yang sudah membumi di Indonesia ini adalah PNPM Mandiri (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri ) yang sejak awal sudah dilaksanakan oleh Departemen PU dan DDN melalui Program P2KP dan PPK.

Apa yang sudah dilakukan oleh BPN RI dalam pembangunan bangsa dan negara ini untuk mensejahterakan rakyat ? Program apa yang telah dilakukan oleh BPN RI untuk memperkecil angka kemiskinan ? Bagaimana BPN RI memberdayakan masyarakat. Apakah dengan penerbitan Sertipikat sudah dapat memberdayakan rakyat ? Apakah sertipikat dapat mengurangi angka kemiskinan secara signifikan ? Pertanyaan ini sering muncul dalam berbagai dialog belakangan ini.  Pertanyaan ini muncul ketika BPN RI di daerah mulai berhubungan dengan para  pelaku pemberdayaan, baik yang dikoordinasi oleh Badan Pemberdayaan Daerah, LSM, para fasilitator pemberdayaan, maupun para Bupati atau Walikota.

Pertama, BPN RI adalah bagian dari PNPM penguatan. Kedua, di dalam struktur Organisasi BPN RI, ada kedeputian khusus menangani pemberdayaan masyarakat yaitu Deputi Bidang Pengendalian Pertanahan dan Pemberdayaan Masyarakat. Struktur ini eksis di 33 Provinsi dan 400-an Kantor Pertanahan sejak tahun 2006.  Oleh karena itu tidak ada alasan untuk menyebut bahwa  BPN RI tidak terlibat dalam pemberdayaan masyarakat. Kegiatan apa saja yang dilakukan oleh BPN RI di daerah ?   BPN RI sudah menandatangani 3 MOU yaitu dengan Kementerian KUMKM, Deptan dan DKP,  untuk pemberdayaan masyarakat dengan segmen khusus yaitu : Pelaku UMK, Petani dan Nelayan Skala Kecil, melalui penguatan hak atas tanah ( legalisasi asset). Program ini mulai berjalan sejak tahun 2003 untuk legalisasi asset UMK, dan menyusul untuk legalisasi asset petani dan nelayan. Program ini disamping memberikan stimulus untuk peningkatan akses permodalan, juga memberikan fasilitasi dan akses ke sumber-sumber ekonomi lainnya dan produksi. Melalui pendampingan yang bekerja sama dengan instansi terkait,  banyak penerima manfaat sudah merasakan hasilnya dalam menunjang usaha yang mereka geluti.

Disamping ketiga segmen khusus di atas, BPN RI untuk tahun 2010 juga mulai membidik kegiatan pasca sertipikasi yang dilakukan oleh kegiatan lainnya baik yang bersifat sporadik maupun sistematik. Kegiatan Sertipikasi PRONA, Sertipikasi Tanah Transmigran, Sertipikasi oleh LMPDP, Proda, Konsolidasi Tanah, Redistribusi Tanah dan kegiatan sertipikasi PNBP. Kegiatan Pasca Sertipikasi ini didesain untuk dpat mendampingi masyarakat secara utuh, pasca sertipikasi. BPN RI akan memulai di 7 provinsi dan 14 Kantor Pertanahan. Segmen ini, sengaja dibidik, karena program sertipikasi yang tersebut belum diberi perhatian khusus bagi penerima manfaat kegiatan dimaksud dlam rangka pemberdayaan dan peningkatan para peserta penerima manfaat tadi.

Diharapkan segmen ini akan menjadi ikon dari pemberdayaan masyarakat di bidang pertanahan yang mempunyai ciri khusus. Kegiatan ini akan melibatkan berbagai institusi baik pemerintah, perbankan/lembaga keuangan, koperasi dan instansi  terkait lainnya. Oleh karena itu Kepala Kantor Pertanahan sebagai “Operational Manager” di tingkat Kabupaten dan Kota sudah dapat mereplikasi kegiatan ini. Para Kepala Kantor sudah seharusnya optimis dan antisipatif untuk semua kegiatan yang melibatkan masyarakat secara utuh. Para Kakanwil sebagai “Regional Director” juga sudah dapat memantau secara langsung dan mengkoordinir pencapaian kegiatan ini dengan baik. Oleh karena itu pertanyaan dari berbagai kalangan, atas kinerja pensertipikatan dan kegiatan lainnya di bidang pertanahan, semakin mudah untuk dijawab dan peran BPN RI semakin hari semakin nyata di mata rakyat. Mari bersama-sama rakyat untuk membangun bangsa ini. Mandirikan rakyat di atas Tanahnya, untuk tanah air kita Indonesia. Sudahkah anda memulainya di daereah anda?

Kebayoran 13 Juli 2009

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TIKET MURAH, MAU ?????

Copy paste alamat ini : http://bisnis-tiket-pesawat.com/?id=makmur DAPATKAN YANG TERBAIK DAN TERMURAH

Kalender

October 2014
M T W T F S S
« Jul    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Flickr Photos

Memorial Floral Tribute For Slain Soldier .... Cpl. Nathan Cirillo .... Hamilton, Ontario

Baby it's cold Outside

Mechelen, Grote Markt

More Photos
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: